Template dan Asesori Blog

Template dan Asesori Blog

Saat pertama kali seseorang masuk ke blogmu maka yang akan tertangkap secara visual adalah penampilanya. Penampilan ini ditentukan oleh template apa yang digunakan pada blog. Template yang digunakan akan sangat mempengaruhi menarik tidaknya sebuah blog, setidaknya pada pandangan pertama pengunjung. Kukuh Prakoso dalam bukunya Ngeblog - So What gitu loh, menyebutkan bahwa template ibaranya adalah sebuah etalase dimana isi blog akan ditata. Maka yang pertama kali akan dilihat orang adalah penampilanya. Selanjutnya konten atau isi akan menentukan pula, jika isinya menarik tentu saja pengunjung akan lebih lama main ke blogmu.

Asesori blog adalah tambahan fasilitas yang diberikan oleh  pembuat blog. Asesori ini bisa bertujuan untuk menambah kedekatan hubungan antara pemilik dan pengunjung blog. Bila anda pengikut Blogspot asesori bisa ditambahkan setelah anda masuk ke dasboard kemudian menuju ke halaman design.Pada sidebar adalah tempat untuk menambahkan asesori dengan mengklik Add a Gagdet. Ada banyak asesori yang ditawarkan oleh blogspot, anda bisa memilih yang sesuai.

Banyak web site di luar blogspot yang menyediakan juga bermacam aseori yang bisa kita dapatkan secara gratis. Beberapa asesosi untuk blog yang cukup menarik saya sajikan di bawah ini:
1. Shoutbox
    Shoutbox adalah kotak komentar kecil yang biasanya ditempatkan di sisi kanan atau kiri. Kotak komentar ini sangat berguna untuk menambah keintiman pengunjung blog dengan pemilik blognya. shoutbox ini sangat menarik karena memungkinkan  adanya komunikasi dua arah secara cepat. Salah satu penyedia layanan shoutbox adalah www.doneeh.com. Web ini menyediakan layanan web tool dan asesori yang terkustomisasi serta mudah penggunaanya diantaranya adalah : shoutbox, tagboard, atau guestbook;sistem komentar,link manager.

2. Web Counter
Tentunya anda ingin tahu berapa banyak orang yang datang ke blog kita kan? Berapa orang yang saat ini sedang mengakses. Layanan seperti ini disebut web counter. salah satu penyedia layanan web counter adalah www.123counters.com. Tulisan mengenai serting web counter melalui web ini bisa dibaca di sini. Web counter lain yang cukup banyak penggunaya adalah www.histstat.com

3. Status YM!
Mungkin anda menginginkan agar pengunjung yang ingin bercakap-cakap bisa langsung menghubungi. Kalo begitu anda perlu memasang status YM! pada side bar. Caranya setelah masuk ke halaman dasboard blogspot.com, masuk ke halaman seting, add a gadget, pilih html. Masukan kode status YM! dengan skrip seperti ini :

4. Bloglet subscrition (www.bloglet.com)
Bloglet merupakan penyedia layanan subscription blog. Hal yang menarik adalah layanan ini memberi kemudian  bagi pengunjung setia karena mereka akan tahu saat kita memperbarui isi blog. Hal ini akan menambah kedekatan  dengan pengunjung blog.


Download artikel ini

Keyboard Laptop

Keyboard Laptop
menyediakan keyboard laptop
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DIMASKOMPUTER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger