BERBAGI MENGGUNAKAN PRINTER DALAM JARINGAN DENGAN PRINT SERVER

BERBAGI MENGGUNAKAN PRINTER DALAM JARINGAN DENGAN PRINT SERVER


      Di kantor sering kita menjumpai situasi dimana unit komputer yang terhubung jaringan cukup banyak sementara jumlah printer terbatas. Pada satu saat kadang-kadang kebutuhan untuk mencetak dokumen datang pada waktu bersamaan. Jika jumlah printer mencukupi tentu hal ini tidak menjadi masalah.
Pada keadaan tersebut kita mungkin membutuhkan suatu alat yang  bisa membagi penggunaan printer secara bersamaan melalui jaringan lokal. Beberapa produsen peralatan jaringan sudah memproduksi alat ini yaitu print server.  Dengan adanya print server ini kita menjadi lebih mudah untuk membagi penggunaan printer secara bersama. Printer yang didukung pun bisa dengan koneksi USB atau paralel. Alat ini bisa terkoneksi lansung ke hub sehingga printer menjadi terkoneksi jaringan. 

Print server dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan koneksinya yaitu yang menggunakan kabel atau nirkabel. Pada print server yang menggunakan kabel dibagi menjadi dua yaitu yang untuk mendukung printer paralel semacam  Epson LX300, seri LQ, dan yang mendukung printer USB.
Saat ini sudah tersedia beberapa seri print server dari perusahaan produsen peralatan jaringan .   
TL-PS110U untuk printer USB (gambar : www.tp-link.com)

TL-PS110P untuk printer paralel ( gambar : www.tp-link.com)

Alat ini ukuranya cukup kecil (sekitar 10cm) sehingga tidak memakan banyak tempat. Penempatanya bias diatas meja atau dicantolkan ke dinding.


Cara instalasi print server ini juga cukup mudah. Beberapa hal yang perlu disiapkan diantara printer yang akan dihubungkan beserta driver dan kabelnya,  dan hub atau router. Unit print server ini port usb/paralelnya terhubung dengan printer sementara bagian port RJ45 terhubung ke hub seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

....
artikel lengkap bisa menghubungi : tricahyantoh@yahoo.com


Keyboard Laptop

Keyboard Laptop
menyediakan keyboard laptop
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DIMASKOMPUTER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger