Pola Umum Kerusakan Printer Inkjet

Pola Umum Kerusakan Printer Inkjet

Ada beberapa teman yang berpendapat printer-printer inkjet/tinta kelas rumahan akhir-akhir ini mudah mengalami kerusakan. Seri printer yang dirilis oleh pembuatnya biasanya katridnya mudah rusak entah macet, atau mati. Keluhan tersebut mungkin ada benarnya, tapi kerusakan printer juga dipengaruhi oleh pemakaian. Semenjak marak pemakaian tabung infus misalnya, printer Canon pun biasanya dipasangi peralatan ini. Pengguna jadi tidak perlu khawatir kehabisan tinta di tengah jalan, sehingga kecenderungan mencetak dalam jumlah banyak terjadi.
Dari pengalaman yang kami jalani semenjak mengelola Dimas komputer kami mencatat ada beberapa pola kerusakan printer tinta ini, diantaranya :
1. Katrid tidak dikenal
     Kejadian ini sering terjadi di pengguna. Pemakai kadang terburu-buru membawaya ke teknisi. 
     Seringkali masalah ini bisa diatasi dengan sangat mudah. Printer Canon IP2770 misalnya, setelah katrid asli habis tintanya maka akan kedip-kedip oranye, seperti tidak mengenali katrid. Di layar akan muncul kotak dialog agar menekan tombol RESUME minimal 5 detik. Setelah hal ini dilakukan maka printer bisa kembali normal. Mudah bukan? Kejadian ini muncul setelah katris asli habis tintanya atau setelah diisi ulang.
Penyebab lain printer tidak mengenali katrid karena jalur di katrid kotor, biasanya karena tinta. Ini bisa diatasi dengan membersihkan menggunakan tissu.
Jika tetapi berlanjut kecurigaan baru diarahkan katrid mati, jika seperti ini apa boleh buat harus ganti katrid.    
2. Hasil cetak tidak sempurna.
    Katrid yang paling sering digunakan adalah yang hitam, kadang hasil cetak bergaris atau bengkok-bengkok. Sebelum Anda memutuskan mengganti katrid perlu dicoba cara berikut : membersihkan dengan tisu, menyedot tinta menggunakan alat sedot, melakukan print alignment dari properties printer.
Jika cara tersebut tidak berhasil siap-siap mengganti katrid.
-
3. Kertas tidak keluar
     Permasalahan ini berasal dari bagian mekanik, mungkin printer kemasukan benda kecil atau ada kertas yang sobek di dalam mesin, Cobalah untuk mengeceknya dahulu. Benda kecil yang masuk ke printer bisa diatasi dengan mengjungkirkan printer, tapi hati-hati melakukan ini bila printer sudah diinfus. Kemudian coba untuk mencetak lagi.  Seri Epson T13 sering mengalami hal ini, demikian juga untuk canon seri IP1880, Ip1980. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti bagia roll penarik kertas.

Demikian artikel ini semoga berguna.
     

+ comments + 1 comments

Anonymous
September 12, 2012 at 8:20 AM

gan mau nanya dikit , ane kan punya printer canon mp258, waktu dihidupkan tulisannya error p10, terus ane reset, bisa normal lagi, tapi nanti setelah beberapa lama misalnya satu hari gitu, dia balik lagi . gimana tu solusinya gan ?
makasih kalo uda mau respon...

Post a Comment

Keyboard Laptop

Keyboard Laptop
menyediakan keyboard laptop
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DIMASKOMPUTER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger