Cara Mengatasi Kerusakan Keyboard Laptop

Cara Mengatasi Kerusakan Keyboard Laptop

sebuah keyboard laptop
 
Keyboard pada sebuah laptop merupakan salah satu bagian yang sering rusak. Tentu saja  saja karena salah satu sebabnya karena bagian ini paling sering dipakai. Kerusakan yang terjadi bisa seperti berikut dibawah ini :
1.Salah satu tombol terkunci
2. Satu atau beberapa tombol tidak berfungsi
3. Keyboard tidak dikenal

Setiap kasus kerusakan tentu akan mengakibatkan hal-hal aneh tejadi pada sebuah laptop. Seperti misalnya jika ada tombol yang terkunci, maka pada saat booting terdengar bunyi " tiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit" panjang, baru bisa masuk ke sistem operasi.
Jika kasusnya satu atau beberapa tombol tidak berfungsi, kadang-kadang kerusakan tersebut bisa diperbaiki. Kita bisa mencoba dengan mencongkel-congkel dengan obeng minus pada tombol yang tidak fungsi tersebut. Bisa juga dengan memiringkan laptop siapa tahu ada kotoran yang mengganjal.

Saran Perawatan Keyboard
Kita tentu menginginkan agar keyboard laptop awet tidak cepat rusak. Biaya penggantian keyboard tentu lebih mahal daripada keyboard PC biasa.  Untuk menjaga agar kotoran  dan debu tidak mudah menyusup ke sela-sela keyboard kita bisa menutup permukaan dengan plastik pelindung. Tipe plastik peling ada yang datar saja dan ada yang sesuai dengan posisi tombol seri laptop. Untuk pelindng yang spesifik ini kadang kita cukup sulit mendapatkanya.

Jika Ketumpahan Cairan
Saat sedang asyik minum kopi tak sengaja tangan menyenggol gelas dan menumpahi laptop. Waduuuuh, untuk kejadian seperti ini tentu tidak saja keyboard yang dalam keadaan bahaya. Jika cairan merember menerobos sampai ke mainboard laptop bisa matot alias mati toal. Apa yang sebaiknya dilakukan ?
  1. Jika laptop dalam keadaan hidup segera matikan.
  2. Posisikan terbalik agar cairan keluar, keringkan menggunakan hair dryer.
  3. Jika cairan yang tumpah cukup banyak dan ada kemungkinan  merembes sampai ke dalam, mau tidak mau  Anda harus konsultasi dengan teknisi laptop. Jika mau mencoba sendiri, Anda perlu melepas keyboard dan mengecek apa cairan merembes sampai ke dalam.
  4. Jika merembes sampai mainboard, kemungkinan perlu mengangkat mainboard dan mengeringkanya sampai benar-benar kering. Langkah ini sebaiknya dilakukan oleh teknisi terlatih.
 Untuk konsultasi dengan kami Anda bisa mengirim SMS ke 087738500837.. Tentu kami akan berusaha menanggapi semampu kami.
 Selamat mencoba semoga berhasil.

Baca artikel yang lain :
  

+ comments + 1 comments

June 19, 2013 at 11:14 AM

artikel yang simple tapi sangat bermanfaat gan... terimakasih gan...

Post a Comment

Keyboard Laptop

Keyboard Laptop
menyediakan keyboard laptop
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DIMASKOMPUTER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger