Kasus Kerusakan Epson TX121

Kasus Kerusakan Epson TX121

Printer Epson TX 121 merupakan seri printer multi fungsi, yang bisa digunakan untuk mencetak dan memindai (scaner). Seri ini merupakan pengganti TX111, menggunakan tipe katrid 73N. Kebanyakan pemakai epson memasang infus pada printernya. Printer seri ini memiliki  kelemahan sebagai berikut :
- Posisi pemasangan katrid yang sangat menyulitkan. Biasanya untuk tipe printer multifungsi pemasangan katrid  dengan cara membuka bagian tutup yang termasuk scanernya. Tapi untuk tipe ini posisi parkir katrid berada di sebelah kanan dengan bukaan yang cukup sempit (lihat gambar)
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRUI25iuu0QxfiCh6cd-ars-e_qjMzRgNFG3y6M1qfeL3lMTYn4T04u3YTY


posisi ini cukup menyulitkan kita ketika akan mengganti atau mereset katrid.



Kasus Kerusakan
Kasus kerusakan yang pernah saya temui ketika memperbaiti seri TX121 antara lain :
1. Salah satu warna tidak dikenali. Saya sudah mencoba untuk mengangkat dan memasangnya kembali tapi keadaannya tetap sama. Jalan keluar yang ditempuh adalah mengganti inktank keseluruhan.
2. Mati. Biasanya dioda di mainboardnya yang mati. Tinggal diganti saja dengan dioda sejenis yang bisa di dapat dari printer epson lainnya. Dioda yang dijual di toko2 ternyata berbeda.
3.Setelah hidup ternyata tidak mau mengenali katrid lagi. Kasus kerusakan yang saya hadapi adalah urutan seperti no 1- 3 ini, dan terjadi pada printer yang sama. Jadi setelah dioda di mainboard diganti printer bisa hidup tapi indikator nyala merah. Ternyata katridk tidak dikenal. Dugaan saya adalah kabel fleksinya konslet atau lebih parah lagi IC di mainboard sudah rusak.

Opini saya terhadap Printr TX121 :
- Posisi parkir katrid sama sekali menyulitkan pada waktu memasang/melepas.
- kelemahan pada kabel fleksi











+ comments + 33 comments

April 22, 2011 at 6:22 PM

2 bulan yang lalu saya beli tx121 ini, 3 minggu pemakaian mati total...BARANG BARU RUSAK??...
oke saya gunakan pilihan bantuan pertama (garansi)...setelah bosan menunggu, bahkan sampai sebulan lebih (tepatnya kemaren sore), baru bisa diambil lagi...
kata si orang toko :
"yang rusak print head sama mainboard printernya mas, tx121 ini print headnya memang lemah kalau dibandingin sama kakaknya tx111, atau seri lain keluaran lama"....
yaelah mbak, dulu bilangnya bagus, bilang dari dulu napa...sial..

April 22, 2011 at 6:22 PM

2 bulan yang lalu saya beli tx121 ini, 3 minggu pemakaian mati total...BARANG BARU RUSAK??...
oke saya gunakan pilihan bantuan pertama (garansi)...setelah bosan menunggu, bahkan sampai sebulan lebih (tepatnya kemaren sore), baru bisa diambil lagi...
kata si orang toko :
"yang rusak print head sama mainboard printernya mas, tx121 ini print headnya memang lemah kalau dibandingin sama kakaknya tx111, atau seri lain keluaran lama"....
yaelah mbak, dulu bilangnya bagus, bilang dari dulu napa...sial..

Anonymous
July 31, 2012 at 12:44 PM

Saya jg..baru beli ga sampe 1 bulan jg mati2an... Gila! Sampe bosen betulin nya ke toko komputer nya..walaupun service gratis selama nya, lha tapi kalo setiap kali mau pake printer hrs diantar ke toko nya yg ga dekat sama rmh ku, wah ya sangat ngrepotin bgt.. Jadi epson tx 121 itu jueleeeeek pol! Printer edan! Baru beli rusak sampe sekrg.. Beli nya kirakira 5 bulan lalu..

PEMILIK EPSON BARU
August 4, 2012 at 3:28 PM

JANGAN PERNAH BELI EPSON TX-121, KAPOKKKKK. Baru beli 2 bulan sudah mati total. Pake HP All in One sdh 6 tahun ga pernah rusak sekalipun. Cari di Google EPSON TX-121 MATI TOTAL.. Banyak banget. DIMANA TANGGUNG JAWAB EPSON INDONESIA???

Anonymous
August 7, 2012 at 7:32 PM

EPSON saya matot...cuma belum sempat di cek'an di servicesan nya..kalau semisal diodanya yg rusak, yah mungkin bisa saya ganti sendiri ... yg saya takutkan ya seperti yang dibilang diatas... ^^>

eman bgt...pdhal menurut saya printer ini bagus... saya sudah pake setahun ini.. sungguh eman kalau benar2 matot...

Anonymous
August 7, 2012 at 10:32 PM

gw dapat masalah yg sama epson tx121... tiba2 MATOT... Pemakaian 6 bln-nan... paarrrraahhhh,,, printer brengsek.... jgn beli tipe ini, yg ada rugiii... brooo....

August 8, 2012 at 4:41 AM

menurut saya solusinya untuk TX121 jangan dipasang infus. Jadi memakai katrid asli sehingga akan lebih awet.

October 8, 2012 at 6:02 PM

haaaa.. di kira saya saja yang tertipu dengan Epson TX121 ini.. haaa.. ternyata penipu Epson ini..

December 16, 2012 at 10:06 PM

EPSON TX121X PRINTER BRENGSEK,,, BARU BELI 1 BULAN 13 HARI.. EH MALAH MATOT,, LAGI ENAK2 NGEPRINT SKRIPSI... EPSOOONNN MEREK BRENGSEK

December 31, 2012 at 9:10 AM

ikut nimbrung ya... juga mo tanya kalo epson tx 121x mati total yg mana dulu harus di cek

December 31, 2012 at 9:11 AM

tx 121 mati total gmn cara ceknya ada yg tau gak ajain dunk

January 2, 2013 at 10:30 PM

Ni printer mang ngeselin ngajak berantem gw beli baru belum ada sebulan dah sering ngeblink eh sekarang malah mati total saking keselnya dah gw bakar printernya

January 30, 2013 at 9:00 PM

aH gilaaaaaaA!!
ternyata sama mas bro! TX121x baru pake 1 bulan 7 hari. MATI TOTAL!

January 30, 2013 at 9:01 PM

aH gilaaaaaaA!!
ternyata sama mas bro! TX121x baru pake 1 bulan 7 hari. MATI TOTAL!

Anonymous
March 24, 2013 at 10:06 PM

ternyata banyak juga ya yg kesel ma printer ini, smua pada 1bln, lah aq bru beli 3 hr di pake ngeprint skali langsung eror, hbs diperbaiki, 3 hr kmudian ngeprint, eror lagi.. 2 minggu kemudian dipake ngeprint ga bisa... kertasx gag mau masuk...
belum 1 bulan udh kyak gini.. mau tak banting kasian duitx....
aarggghhhh....

April 29, 2013 at 8:40 PM

mending dah 1 bulan....baru tanggal 18 beli...eee tadi sore 29 april..mati total..ngeselin...padahal baru dipake ngeprint paling 30 lembar....brengsek memang...

Anonymous
May 4, 2013 at 4:33 PM

ini printer biadab!!!

Anonymous
May 13, 2013 at 9:48 AM

semua kok sambat dengan tx 121x termasuk saya juga gimana nih tanggung jawab epson yang ngeluarkan print yang tak yang beres ini kok sampai terjual dipasaran apa memang print ini gagal produksi sehingga dijual mura sekali ....

Anonymous
May 23, 2013 at 8:39 PM

sebenarnya tx121 tidaklah berbeda ama t13. semua sparepart sama kecuali mainboard dan tambahan scaner. kelebihan dan kelemahan hampir sama. cuman tidak semua toko penjual epson tx121 mengetahui kelemahanannya. jadi konsumen tidak mengetahui kelemahan itu.
- kelemahan yang pertama printer ini mudah mati total saat listrik dari PLN naik turun hingga padam. cara mengatasinya jangan biarkan printer ini nonstop nyala. jadi klo tidak terpakai sebaiknya printer dimatikan.
- susah memasang infus bagi yang awam, namun bagi yg sudah berpengalaman cukup mudah. yang penting pada saat infus gunakan katrid yang memakai tombol reset. jadi klo katrid tidak terdeteksi tinggal dipencet tombol reset 4x.
- roll penarik kertas mudah aus. dikrenakan roll tx121 menyatu dengan kertas. biar roll awet saat mengambil kertas sisa usahakan mendorong rol terlebih dahulu.
- yang lain2 hampir sama sejenis printer epson.

June 4, 2013 at 6:59 AM

Sama gan ane baru beli printer epson tapi tx 13 baru seminggu beli sudah general error, eh kata pemilik toko dengan entengnya itu rusak moterboardnya, bener benr penipu ni epson...

June 4, 2013 at 7:00 AM

Kirain saya saja yang mengalami hal seperti itu, baru beli 1 minggu epson tx 13 eh kata pemilik toko motherboardnya sudah eror, parah ni epson... melakukan penipuan.

Anonymous
June 30, 2013 at 11:06 PM

emang anjing ney epson aku aja mas bro bru brapa pemakaian ... eh jadi usaha cetak photo tambah banyak komplin,,, bukan nguntungin malah ngerugiin... jancok epsonnnnnnn... !!!!!!!!

July 19, 2013 at 11:41 AM

Memang asuuu itu tx121 punya ane juga matok baru beli 6bulan yang lalu makanya jarang lagi dan klu abis pake pasti ane cabut dari listrik biar awet madsudnya tapi sama saja tetap matok jadi memang kita semua di tipu sama epson asu......itu

July 19, 2013 at 11:42 AM

Hi

Anonymous
July 30, 2013 at 8:26 PM

Arggh emang kacau dah nih TX121, 1 Tahun rusaknya 3 kali (pertama mainboard rusak, kedua powersupply, ketiga gak mau benerin lagi beli baru aje). Semua kasusnya Mati Total najisssss...

January 28, 2014 at 7:34 PM

diodany dah dganti ma tkang service nyala .cman katnya scannerny kena .soalny bunyi kretek2 gt .emang klw 1rusak .sama sekali gk bsa d pake ya? walau cman buat ngprint doang?

January 28, 2014 at 7:36 PM

kan udh d gnti diodany .nyala .tp katany scannerny kena .soalny buny kretek2 gt .emang klw 1 rusak sama sekali gk bsa dpke ya? walau cman buat ngprint doang?

January 28, 2014 at 7:37 PM

diodany dah dganti ma tkang service nyala .cman katnya scannerny kena .soalny bunyi kretek2 gt .emang klw 1rusak .sama sekali gk bsa d pake ya? walau cman buat ngprint doang?

April 22, 2014 at 11:25 AM

wah berarti gw beruntung yah . . . 1thn pas banget mati,,,,guedekk mampus,,lagi butuh" nya lg... F**K

Anonymous
May 4, 2014 at 4:06 PM

maaf sebelumnya numpang corat coret bukannya ane sok tau or sok pinter.
sepengalaman ane semua tipe epson yg 4 warna memiliki kesamaan head , chip, bahkan kabel flexyble utk head semua sama n cocok bwt c90,t11,t20,t13, maupun tx 121,tx111,
flexyble yg beda hanya tx121&tx111

kalo matot : ganti dioda
kalo catridge gak detek (udah coba catrid baru) yg rusak fuse/sekringnya. pada board ada simbul F. (bisa diganti atau di jumper (dijamper resiko tegangan berlebih ic yg kena)
epson sangat sensitif ma tegangan listrik yg tdk stabil. biar awet colokin di stavolt up down.
biar head gk mudah buntu meski di infus : tinta yg 20rb/100ml mesti di saring dgn kertas saring dulu.

utk part@ yg dibutuhkan berburu aja di loakan/rombeng buat kanibalan,

May 29, 2014 at 9:20 AM

ikut nimbrung gan, emang betul epson seri tx121 adalah produk gagal, kalian masing2 cuma satu unit yg rusak, yang lebih sedih lagi ane,.. ane bkerja sbgai teknisi IT di sbuah prusahaan. dulu ane yang ngasih rekomendasi ke perusahaan untuk membeli epson tx121 sebanyak 5 unit. dan ternyata kualitasnya seperti itu,.. hnya kurang dari 1 tahun printernya mati semua, akhirnya ane keteteran ama bos, untung aja ane ga dipecat dari kerjaan. sial tuh epson tx121, malu2in ane....

Anonymous
August 8, 2014 at 7:58 AM

epson tx121 x , memang printer bangsat, gampang rusak, scanernya juga gampang modar. epson tx 121 x tukang ngibuli konsumen.

ria
February 3, 2015 at 7:52 AM

Alhamdulillah printer epson saya blm pernah ngalami kasus yg di sebutin di atas. Beli desember 2012 skrg udh februari 2015,ga ada masalah :)

Post a Comment

Keyboard Laptop

Keyboard Laptop
menyediakan keyboard laptop
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DIMASKOMPUTER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger